- 5W+1H terkait LinkedIn dan pemanfaatannya
- Summary dari referensi yang sudah dibaca
- Cantumkan link profil Linkedin
WHAT
Apa sih LinkedIn itu?
LinkedIn adalah
jejaring sosial yang mempunyai konsep unik, di mana sebagian besar
penggunanya adalah profesional yang memiliki latar belakang bisnis.
Layaknya sebuah identitas, LinkedIn kerap dijadikan media untuk memperkenalkan diri atau bisnis ke calon kolega atau perusahaan dengan tujuan yang beragam (dailysocial.id, 2013).
HOW
Bagaimana cara mengoptimalkan profil LinkedIn?
- buat profil yang lengkap dan menarik: gunakan foto profil yang proper, dalam artian muka kita terlihat jelas dan gambar tidak kabur. role yang kita punya saat ini tidak cukup untuk menarik perusahaan, setidaknya kita harus menampilkan pengalaman-pengalaman sebelumnya, karena perusahaan perlu melihat pencapaian apa saja sih yang pernah kita lakukan?
- bangun relasi yang baik: dekatkan diri dengan orang-orang yang sepassion dengan kita yang lebih hebat.
- membuat konten yang bagus di LinkedIn: konten yang dimaksud adalah kita membuat sebuah 'sebaran' yang dapat menarik perhatian koneksi kita. contohnya adalah menceritakan pengalaman kita, membuat pertanyaan (khusus strategi ini memiliki trik sendiri, karena dengan kita mengusung sebuah tanya, akan memancing koneksi untuk melihat detil tentang diri kita) dan yang terakhir adalah menawarkan bantuan. kita dapat menawarkan bantuan dari link yang kita punya kepada relasi, sehingga pada project setelahnya hubungan dengan koneksi dapat terjalin baik dan barangkali bisa dilakukan berulang kali.
- bergabung dalam sebuah LinkedIn Groups
WHY
Kenapa harus LinkedIn?
Karena dengan menggunakan LinkedIn, kita para pekerja maupun perusahaan dapat meminimalisir waktu untuk merekrut ataupun direkrut tanpa harus mendatangi secara fisik lokasi yang ingin dituju. Sehingga dengan berbagai kemudahan dari penggunaan platform ini akan menghasilkan banyak keuntungan seperti:
- mencari karyawan/pekerja
- memanfaatkan teknik penjualan maupun marketing demi kelangsungan bisnis sendiri/korporat
- membuat iklan
- membuat 'focus group'
- membangun relasi sebelum berpindah ke suatu tempat
WHEN
Kapan kita dapat melakukan 'Do's' and 'Don'ts' di LinkedIn?
Do's
- do keep your profile complete and current
- do your homework
- do give LinkedIn messages equal importance
- do be proactive about making new connections
- do cross-promote
- do add value to the process
Dont's
- don't use canned invitations
- don't expect everyone to network like you do
- don't spam
- don't confuse quantity with quality
WHERE
Dimana kita dapat mengakses LinkedIn?
Pada personal device seperti smartphone dan website.
WHO
Siapa yang dapat mengakses LinkedIn?
Siapa saja. Diutamakan bagi kalangan 16 tahun ke atas yang sekiranya sudah dituntut (oleh kehidupan :p) untuk mencari kerja dan mencari nafkah, setidaknya untuk diri sendiri.
SUMMARY
Kita dapat menggunakan LinkedIn sebagai platform untuk 'menjual' jasa apa yang kita miliki. Terlepas dari fungsi utamanya, LinkedIn juga dapat digunakan untuk melamar kerja bahkan mengerjakan task. Kunci utama dalam mengelola LinkedIn adalah identitas diri. Kita harus menggunakan strategi clickbait agar dapat menarik perhatian sang recruiter, meski clickbait namun tetap harus jujur yaaa.
LINK LINKEDIN:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar